Kandungan Vitamin dalam Jus Buah dan Sayur

Kandungan Vitamin dalam Jus Buah dan Sayur

Kandungan Vitamin dalam Jus Buah dan Sayur – Jus adalah minuman pelepas dahaga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tubuh manusia dalam perkembangannya setiap hari memerlukan kandungan yang ada pada jus berupa vitamin dan zat- zat penting.  Kesimpulannya jus buah sangat kaya akan vitamin sedangkan jus sayuran sangat kaya akan zat- zat penting. Manfaat dari jus buah tergantung dari cara pengolahan. Oleh sebab itu bila terlalu banyak mencampurkan gula dan susu serta menghilangkan serat- serat dari bahan buah anda, maka akan mengurangi manfaat dari jus buah yang anda buat.

Pengolahan buah dan sayuran yang akan dibuat menjadi jus, jangan terlalu menggunakan gula. Gunakan 100 persen buah murni jangan campur dengan bahan lain jika ingin manfaat buah yang maksimal. Tujuan dari penggunaan bahan alami murni adalah supaya kandungan dalam buah dan sayur tidak berkurang efektifitasnya.  Hampir semua vitamin dan kita perlukan ada pada jus buah dan sayuran.


Sumber : pressbrotherjuicery

Kandungan Vitamin dan Zat Dalam Jus Buah dan Sayuran

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin umum yang kalian sering jumpai hampir pada seluruh jus. Karena hampir setiap buah- buahan mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberi, jambu, mangga, dan masih banyak lagi. Asam askorbat atau yang kalian kenal dengan nama vitamin C ini, termasuk golongan antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.  Oleh sebab itu vitamin C berfungsi menangkal segala macam penyakit, peran paling penting dari vitamin yang satu ini adalah membantu kinerja imun tubuh. Selain itu vitamin C memiliki fungsi tambahan, bukan hanya bekerja membantu imun tubuh vitamin C juga dapat menjaga kulit tetap terlihat muda.

Vitamin A

Vitamin A sering kali anda jumpai dalam buah dan sayuran, contohnya wortel, tomat, pepaya, dan masih banyak lagi. Fungsi dari vitamin yang satu ini adalah menjaga kesehatan penglihatan anda. Oleh sebab itu vitamin A sangatlah penting untuk anda konsumsi secara rutin. Vitamin A berasal dari dua tipe sumber, retinoid yang berasal dari hewan sedangkan beta karoten berasal dari tanaman. Vitamin A sangatlah kaya akan kandungan antioksidan, selain sebagai menjaga kesehatan mata vitamin A juga bertanggung jawab akan penguatan imun, perkembangan sel, dan menjaga sistem pencernaan. Oleh sebab itu vitamin A wajib kalian konsumsi dengan rutin.

Vitamin E

Kulit cerah dan awet muda merupakan impian seluruh orang, terutama bagi para wanita kulit adalah penentu mereka dalam berpenampilan. Vitamin E sangat berperan besar dalam perawatan jaringan kulit. Selain larut dalam lemak vitamin E juga mengandung antioksidan, yang berguna untuk memperbaiki sel yang rusak.

Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin B kompleks yang memiliki beragam manfaat. Dapat kita temukkan kandungan vitamin B6 dalam alpukat, pisang, kacang polong, ubi, bayam, dan wortel. Manfaat dari vitamin B6 adalah metabolisme tubuh, perkembangan otak, resiko serangan jantung, dan produksi hemoglobin dalam darah.

Vitamin H

Vitamin H atau yang lebih dikenal dengan vitamin B7 merupakan vitamin yang berfungsi sebagai penjaga jaringan keratin. Keratin berfungsi untuk menjaga supaya rambut tetap kuat dan kuku tidak rusak. Oleh sebab itu dapat anda temukan kandungan vitamin H dalam brokoli dan bayam.

Fiber

Serat makanan atau yang dikenal dengan fiber, merupakan penting untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Serat makanan berfungsi membantu kinerja organ pencernaan.

Antioksidan

Antioksidan berperan menjaga tubuh dari paparan radikal- radikal bebas. Selain melindungi dari radikal bebas antioksidan berperan dalam mencegah kanker. Penelitian memiliki hasil orang yang rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, sangatlah jarang terkena penyakit kanker.

Fitronutrien

Fitonutrien merupakan zat yang berfungsi memberikan warna dan aroma pada sayur dan buah. Meskipun tidak termasuk gizi esensial, fitonutrien bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu fitonutrien juga membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, membantu meregerasi sel, mendetoksifikasi zat karsinogen, dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Glukosinolates

Glukosinolates merupakan kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker dengan cara mengaktivasi enzim yang dapat mendetoksifikasi zat-zat pemicu kanker. Zat yang satu ini banyak terdapat pada sayur kol dan brokoli.