Manfaat Dari Jus Lobak

Manfaat Dari Jus Lobak – Mungkin banyak juga dari kalian yang tidak tau sayuran yang satu ini. Lobak putih atau biasa di sebut juga dengan lobak jepang. Tanaman ini masih sejenis juga dengan kol dan juga kubis. Pada setiap daerah pun lobak ini memiliki bentuk yang berupa-rupa, ada yang panjang, ada yang bulat dan juga ada yang lonjong, tergantung dari penanamannya.

Manfaat Dari Jus Lobak

Manfaat Dari Jus Lobak

Info lainnya : pressbrotherjuicery

Dalam sebuah penelitian, buah lobak ini banyak sekali manfaat nya, bahkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan singkat. Banyak juga para vegetarian yang mengkonsumsi lobak ini, karena memang sangat baik untuk kalian yang sedang menjalani diet. Kandungan serat serta karbohidrat yang tanaman ini miliki sangatlah banyak. Jadi sangat cocok untuk kalia yang sedang diet.

Kali ini kita akan membahas tenyang manfaat dari sayur lobak ini.

Manfaat Dari Mengkonsumsi Lobak

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lobak putih mengandung senyawa untuk meningkatkan kesehatan dan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Senyawa dalam lobak disebut glukosinolat. Mengutip dari Healthline.com, penelitian dilakukan untuk menguji ekstrak lobak putih yang mengandung antioksidan. Penelitian tersebut menemukan kalau antioksidan mengandung anti-inflamasi, anti kanker, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Lobak mengandung serat dan nutrisi yang bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sayuran ini membantu meningkatkan proses menurunkan berat badan. Lobak putih banyak juga yang sering bilang sayuran non-tepung karena rendah karbohidrat. Sayuran ini bisa menjaga berat badan tetap sehat. Penelitian yang dilakukan pada 1197, menemukan bahwa lemak tubuh dan kadar insulin pada lobak putih lebih rendah karena konsumsi sayuran non tepung. Lobak putih bisa meningkatkan kalori dan kolesterol untuk asupan harian. Anda bisa mengombinasikan sayuran yang mengandung serat dan nutrisi untuk menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2019 juga menemukan manfaat lobak putih mengurangi kegemukan pada hewan.

3. Menjaga dari penyakit kronis

Lobak putih mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Beberapa sayuran termasuk lobak bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Beberapa penelitian menemukan konsumsi sayuran lobak putih bisa lebih sehat dan berumur panjang.

4. Menjaga kulit tetap sehat

Lobak putih bisa membantu Anda dalam merawat kulit agar tetap sehat. Anda bisa menumbuk dan menghaluskan sayuran ini ke kulit. Lobak putih bermanfaat untuk mencegah anti penuaan pada kulit. Antioksidan dalam sayuran ini juga bisa mencegah radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lobak putih dapat melembabkan kulit, mengurangi munculnya noda serta bintik-bintik penuaan di kulit. Vitamin A, K, dan C bisa mencegah gangguan kulit dari peradangan dan meningkatkan perbaikan sel. Ada juga kandungan mineral seperti seng, fosfor dan air tinggi pada lobak putih. Mineral pada lobak membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kulit kering. Selain kulit, sayuran ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Lobak putih dari Jepang efektif untuk menyembuhkan kulit dari sengatan dan gigitan serangga.

5. Mencegah kerusakan hati

Mengutip dari Hellosehat.com, lobak putih mengandung enzim yang memiliki aktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Enzim ini bisa menangkal efek hepatotoksik pada tubuh. Hepatotoksik adalah kerusakan organ hati yang berasal dari agen toksik. Sehingga, lobak putih bisa menangkal efek buruk dari kerusakan organ hati.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Lobak putih mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsi sayuran lobak dan susu untuk pencegahan penyakit. Lobak putih juga bisa memperlambat proses penuaan alami terkait kesehatan tulang.

7. Sifat Antimikroba

Ada beberapa penelitian yang menguji ekstrak pada lobak putih untuk aktivitas antibakteri. Melansir dari Organic.facts.net, ekstrak lobak memiliki antibakteri kuat pada beberapa bakteri seperti Hafnia alvei, Lactobacillus, Bacillus thuringiensis, dan spesies jamur seperti Penicillium lilacinum. Kandungan antimikroba bisa mengobati masalah pernapasan. Lobak putih membantu membuka saluran sinus pada hidung dan melarutkan lendir. Tanaman ini mengandung bioflavonoid yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, lobak putih juga bisa mencegah serangan asma. Anda bisa membuat jus lobak untuk membersihkan darah, mengurangi bakteri, patogen, dan menjaga sistem pernapasan tetap sehat.

8. Menyehatkan pencernaan

Lobak putih mengandung enzim amilase dan esterase yang baik untuk pencernaan. Enzim ini bisa bermanfaat untuk pencernaan, karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Konsumsi lobak bisa mencegah sembelit dan meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam usus. Jurnal yang diterbitkan di Journal of Food & Nutritional Sciences, memadukan makanan yang mengandung protein hewani dan sayuran seperti lobak putih untuk pencernaan. Hasilnya, kedua makanan ini bisa memperlancar pencernaan protein dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

9. Menyehatkan ginjal

Dalam tubuh, ginjal berfungsi untuk ekstraksi nutrisi penting dari darah. Ginjal bisa membuang limbah dalam proses yang disebut diuresis. Makanan bergizi bisa meningkatkan fungsi ginjal secara alami. Salah satu makanan tersebut adalah lobak putih yang bisa meningkatkan laju filtrasi ginjal. Lobak putih dikenal juga sebagai obat diuretik alami. Artinya sayuran ini bisa merangsang buang air kecil dan menjaga ginjal tetap bersih. Selain itu sayuran ini bisa membuang kelebihan racun dalam lemak dan air melalui buang air kecil.

Artikel ini didukung oleh : https://juarampo.co/

10. Mencegah potensi antikanker

Menurut artikel penelitian yang pernah terbit American Chemical Society, lobak putih mengandung senyawa fenolik antioksidan. Senyawa ini memiliki antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Tetapi, perlu ada tindakan penelitian lebih lanjut manfaat lobak putih untuk pencegahan kanker.